Minggu, 12 Agustus 2012



Perolehan Medali Olimpiade 2012: Amerika Serikat Juara Umum




Amerika Serikat akhirnya tampil sebagai juara umum setelah menjadi yang terdepan dalam perolehan medali Olimpiade 2012. Negeri Paman Sam mengantongi 46 emas, 29 perak, dan 29 perunggu. China menguntit di peringkat kedua. Sementara itu, Britania Raya selaku tuan rumah, berhasil meraup 29 emas untuk duduk di posisi ketiga. Indonesia? Negeri kita harus puas berada di peringkat 63.
Amerika Serikat sukses membalas kekalahan mereka di Beijing 2008 dari China. Kalau dalam empat tahun lalu, di negeri sendiri, China unggul jauh dibandingkan negara-negara peserta lain, kini Negeri Paman Sam mengembalikan kejayaan. Total, ada 104 medali yang didapatkan sepanjang London 2012.
Di hari terakhir, Amerika Serikat sukses menambahkan dua medali emas. Yang pertama adalah, pada cabang basket putra. Timnas AS menjadi yang terbaik dengan menundukkan Spanyol dengan skor 107-100. Tambahan emas lain datang dari cabang gulat putra nomor freestyle 96 kg. Jake Varner mengempaskan Valerii Andriitsev (Ukraina) di final.

Tim Basket Putra Amerika Serikat
Amerika Serikat memang tidak mendapatkan tambahan medali perak atau perunggu. Namun, hasil ini sudah cukup menjadikan mereka sebagai juara umum.
Sang peringkat kedua, China total mendapatkan 87 medali, dengan rincian 38 emas, 27 perak, dan 22 perunggu. Hal yang membuat mereka lebih baik daripada tuan rumah Britania Raya. Sang penyelenggara event empat tahunan ini duduk di posisi ketiga dengan 29 emas, 17 perak, dan 19 perunggu (total 65 medali).
Jumlah raihan medali Britania Raya sendiri sudah melebihi target yang dicanangkan. Sebelumnya, tuan rumah hanya ditantang untuk duduk di peringkat empat dan meraih minimal 48 medali. Target ini sendiri sudah didapatkan pada hari ke-11 pelaksanaan Olimpiade.
Bagaimana dengan negara-negara Asia selain China? Korea Selatan berhasil meraup 13 emas, 8 perak, dan 7 perunggu untuk mendapatkan peringkat lima, setingkat di bawah Rusia. Bagi Korea Selatan, pencapaian ini lebih baik daripada empat tahun lalu. Ketika itu di Beijing 2008, mereka cuma meraih posisi tujuh. Meski, dari perolehan medali, kini terjadi penyusutan.
Sementara Jepang, ada di posisi 11. Perolehan medali emas mereka sama dengan Australia (7 emas), namun urusan perak, Negeri Matahari Terbit masih kalah (14 berbanding 16 perak). Peringkat Jepang turun tiga tingkat daripada kala Olimpiade Beijing 2008.
Adapun Indonesia, harus puas berada di posisi 63 dengan 1 perak dan 1 perunggu. Negara kita meraih peringkat yang sama dengan Bulgaria, Estonia, Malaysia, Puerto Riko, dan China Taipei. Hal ini kontras dengan prestasi empat tahun lalu. Di Beijing, Indonesia berhasil duduk di posisi42 dengan meraih 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar